Tugas Akhir

Tugas Akhir

Pelaksanaan kolokium seminar dan ujian online ini hanya dilakukan pada saat IPB menerapkan perkuliahan jarak jauh. Oleh karena tidak memerlukan ruangan, maka dalam waktu yang bersamaan dapat dilaksanakan kegiatan tersebut dalam 3-5 paralel.  Setelah IPB tidak menerapkan ini pelaksanaan kolokium, seminar dan tugas akhir berjalan seperti semula

Kolokium

Kolokium Online

  1. Kolokium dilaksanakan hari Senin dan Rabu jam 09.00-15.30 WIB
  2. Pendaftaran Kolokium paling lambat 4 hari kerja sebelum pelaksanaan
  3. Persyaratan kolokium :
  • Makalah kolokium dan PPT sudah  disetujui pembimbing
  • Waktu kolokium telah disetujui pembimbing (Form Pendaftaran Kolokium telah dilengkapi)
  1. Mahasiswa mengirim email kepada dosen Pembimbing dokumen berikut untuk mendapatkan persetujuan:
  2. Form pendaftaran kolokium yang telah dilengkapi
  3. Makalah kolokium dan PPT
  4. Dokumen yang sudah disetujui dikirim ke Komdik https://ipb.link/kolokiumaghs1 (Bpk. Wasta), yang selanjutnya akan diteruskan ke panitia Kolokium
  5. Panitia Kolokium akan menunjuk moderator.
  6. Undangan untuk pembimbing dan moderator akan dibuat oleh Komisi Pendidikan
  7. Undangan kolokium dan Form Penilaian untuk pembimbing akan dikirim melalui e-mail/WA ke mahasiswa yang akan kolokium, undangan untuk Moderator, makalah dan PPT kolokium, Form penilaian kolokium (BAP) akan dikirim oleh Komdik  melalui e-mail/WA kepada Moderator.
  8. Tenaga kependidikan sebagai Host akan mengirimkan “Link” untuk masuk Google Meet sehari sebelum pelaksanaan ke Moderator, Pembimbing dan Mahasiswa melalui WA
  9. Mahasiswa yang akan kolokium berkewajiban untuk mengundang minimal 10 mahasiswa lain sebagai peserta dengan mengirim “Link” tersebut, serta memberikan data calon peserta ke Komdik peserta
  10. Kolokium dilaksanakan selama 25 menit. Moderator akan membuka kolokium, mahasiswa diminta presentasi selama ± 10 menit, dilanjutkan dengan tanya jawab. Kolokium diakhiri dengan penyampaian ulasan oleh pembimbing
  11. Kehadiran mahasiswa, moderator dan pembimbing dalam kolokium on line akan dicatat oleh Host Tendik
  12. Pada waktu pelaksanaan kolokium BAP kolokium diisi oleh pembimbing dan moderator, selanjutnya Departemen (Komdik) akan meng­unggah BAP kolokium ke ipb.ac.id.
  13. Setelah kolokium, paling lambat 2 minggu mahasiswa mengirimkan proposal tugas akhir yang telah disetujui pembimbing dan Form Pelaksanaan Skripsi melalui email ke komdik

Seminar

Seminar Online

  1. Seminar Online dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis mulai pukul jam 09.00 – 14.30
  2. Pendaftaran seminar paling lambat 4 hari kerja  sebelum pelaksanaan seminar:
  3. Persyaratan Seminar (dikirimkan via email ke Pak Wasta):
    1. copy bukti pembayaran UKT
    2. Screening nilai di komdik ( IPK min 2.00, 137 sks, semua mata kuliah mayor telah diambil, tidak ada nilai BL dan E)
    3. Makalah, PPT dan waktu seminar telah disetujui pembimbing
      Poin 3a dan 3b akan diteruskan ke Ibu Mia untuk diperiksa di simak
    1. Mahasiswa mengunduh Form Pendaftaran Seminar yang ada di website AGH
    2. Form pendaftaran seminar yang telah diisi lengkap, makalah dan PPT seminar dikirim melalui email ke pembimbing untuk mendapatkan perstujuan
    3. Pembimbing memberikan persetujuan, kemudian menyimpan dokumen tersebut dalam bentuk  pdf,  lalu mengirimkan dokumen tersebut ke Komdik https://ipb.link/seminaraghs1 (Pak Wasta) untuk diteruskan ke panitia Seminar
    4. Panitia seminar akan menunjuk moderator
    5. Komdik akan membuat undangan seminar
    6. Undangan Seminar, makalah dan PPT  Seminar,  dan Form penilaian seminar (BAP) dikirim melalui email ke  Moderator dan Pembimbing
    7. Sehari sebelum pelaksanaan Host tendik akan mengirimkan “Link” untuk masuk Google Meet ke Moderator, Pembimbing dan Mahasiswa melalui WA
    8. Mahasiswa yang akan seminar berkewajiban untuk mengundang minimal 10 mahasiswa lain sebagai peserta dengan mengirim “Link” tersebut
    9. Seminar dilaksanakan selama 35 menit. Moderator akan membuka seminar, mahasiswa diminta presentasi selama 10-15 menit, dilanjutkan dengan tanya jawab. Seminar diakhiri dengan penyampaian ulasan oleh pembimbing
    10. Kehadiran mahasiswa, moderator dan pembimbing dalam seminar on line akan dicatat oleh Host Tendik
    11. Pada waktu pelaksanaan seminar untuk menyampaikan hasil tugas akhirnya dalam bentuk file power point BAP seminar diisi oleh pembimbing dan moderator, selanjutnya Departemen (Komdik) akan meng­unggah BAP seminar ke ipb.ac.id.

Ujian Skripsi

Ujian Skripsi Online

  1. Pendaftaran ujian skripsi paling lambat 7 hari sebelum  tanggal  yang disepakati oleh pembimbing
  2. Mahasiswa mengirim file draft skripsi ke pembimbing untuk mendapat persetujuan pembimbing (di insert tandatangan pembimbing, kemudian pembimbing menyimpan dalam bentuk file pdf untuk dikirim ke mahasiswa)
  3. Mahasiswa mengirim file draft skripsi dalam bentuk pdf ke Panitia Urusan Tugas Akhir yang bertugas untuk dilakukan pengecekan format . Apabila ada koreksi mahasiswa mahasiswa akan diminta memperbaiki terlebih dahulu sebelum dikirim ke pembimbing dan penguji (draft skripsi harus sudah diterima pembimbing dan penguji paling lambat 2 hari sebelum pelaksanaan ujian)
  4. Mahasiswa mengunduh dan mengisi Form Pendaftaran Ujian Skripsi dari website AGH
  5. Mahasiswa mengirim Form pendaftaran ujian skripsi yang telah diisi ke pembimbing tugas akhir
  6. Pembimbing tugas akhir menyetujui form pendaftaran skripsi dan mengirimkannya ke Ibu Mia melalui email. Ibu Mia akan meneruskan email tersebut ke panitia urusan tugas akhir yang bertugas pada minggu tersebut
  7. Panitia urusan tugas akhir akan menghubungi penguji ahli dan penguji wakil urusan untuk mendapatkan persetujuan
  8. Panitia urusan tugas akhir menyampaikan form pendaftaran ujian yang telah disetujui pembimbing, penguji ahli dan penguji wakil urusan dalam bentuk pdf ke ibu Mia
  9. Ibu Mia membuat undangan ujian skripsi dan ibu Yulia akan mengirim undangan ujian skripsi serta form penilaian pada pembimbing dan penguji melalui email
  10. Ibu Mia menginformasikan pelaksanaan ujian skripsi ke ketua Komdik. Ketua komdik akan menunjuk tenaga kependidikan sebagai Host
  11. Wakil urusan menjadi host dalam pelaksanaan ujian skripsi dan mengirimkan link kepada pembimbing, penguji dan mahasiswa sehari sebelum pelaksanaan ujian
  12. Pada waktu pelaksanaan ujian Penguji Wakil Urusan akan membuka ujian. Mahasiswa diminta untuk menyampaikan hasil tugas akhirnya dalam bentuk file power point selama 10-15 menit, dilanjutkan dengan tanya jawab. Setelah Ujian berakhir mahasiswa diminta untuk keluar dari Google Meet (left, klik simbol telpon merah ditengah layar). Penguji dan pembimbing memberikan nilai. Hasil ujian (lulus/mengulang ujian) diumumkan setelah mahasiswa dipanggil kembali untuk bergabung di Google Meet.
  13. Penguji wakil departemen menyusun berita acara, merekap nilai ujian skripsi dan menyampaikan file penilaian ke masing-masing penguji untuk mendapat persetujuan (insert tandatangan), setelah lengkap file disimpan pdf.
  14. Departemen (komdik) akan mengunggah BAP ujian skripsi ke simak.ipb.ac.id

Catatan :

  • Ibu Mia : no HP (WA) 0877 8101 8054 ; email miaaghrio@google.com
  • Pak Wasta : no HP (WA) 0813 1709 3299 ; email wasta.agh@gmail.com
  • Ketua Panitia Urusan Tugas Akhir : Prof Sandra A. Azis
  • Ketua Panitia Seminar : Dr Ni Made Armini Wiendi
  • Ketua Panitia Kolokium : Dr Megayani S. Rahayu