Departemen AGH-Faperta-IPB menyelenggarakan : Lokakarya Akademik: Evaluasi Pelaksanaan dan Persiapan Pelaksanaan Perkuliahan
Departemen AGH-Faperta-IPB menyelenggarakan : Lokakarya Akademik: Evaluasi Pelaksanaan dan Persiapan Pelaksanaan Perkuliahan
Rabu tanggal 10 Juli 2019 Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH), Fakultas Pertanian IPB melaksanakan Lokakarya Akademik Evaluasi Pelaksanaan dan Persiapan Pelaksanaan Perkuliahan yang bertempat di Ruang Sidang 1 dan 2 Departemen AGH, Fakultas Pertanian IPB, Kampus Darmaga, Bogor
Latar Belakang
Kualitas penyelenggaraan pendidikan yang baik sangat menentukan dalam menghasilkan lulusan – lulusan yang mampu mencapai kompetensi yang tertuang dalam Expected Learning Outcome atau Capaian Pembelajaran Program Studi. Lima aspek penting yang menentukan proses pembelajaran berjalan dengan efektif yaitu kinerja dosen, kelengkapan sarana dan prasarana, keaktifan mahasiswa, monitoring dan evaluasi, dan suasana akademis. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan evaluasi proses pembelajaran yang dilaksanakan, kemajuan studi peserta didik dan silabus mata kuliah.
Secara umum evaluasi pelaksanaan akademik yang dilakukan meliputi evaluasi pelaksanaan mata kuliah, penilaian tiap semester, penilaian akhir tahun akademik dan penilaian akhir program studi. Evaluasi tersebut melibatkan koordinator program studi, kepala divisi, staf pengajar dan mahasiswa itu sendiri sebagai subjek peserta pembelajaran. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oleh mahasiswa telah dilakukan melalui program EPBM secara online. Evaluasi pelaksanaan mata kuliah perlu dilakukan dilakukan minimal setiap semester oleh program studi. Dari evaluasi ini diharapkan dapat diperoleh solusi yang dapat dilaksanakan untuk perbaikan pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan sehingga capaian pembelajaran tiap mata kuliah dapat tercapai oleh peserta didik/mahasiswa, dan pada akhirnya capaian pembelajaran program studi dapat dicapai lebih baik lagi.
Pada tahun ini IPB mencanangkan Kurikulum 2020 (K2020) untuk mengantisipasi era perubahan (di multistrata). Kurikulum diharapkan menghasilkan Powerfull – Agile Learner untuk menghadapi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Evaluasi mata kuliah diharapkan dapat memperoleh gambaran LO dari mata kuliah yang ada saat ini untuk penyusunan K2020.
Program Studi tingkat sarjana Agronomi dan Hortikultura (PS AGH), Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB bermaksud untuk melakukan evaluasi pelaksanaan pembelajaran atau perkuliahan untuk semester ganjil dan genap tahun akademik 2018/2019. Evaluasi ini penting dilakukan agar pelaksanaan kuliah dan praktikum semester berikutnya dapat berjalan lebih baik. Di samping itu dari lokakarya ini diperoleh gambaran perkulihan yang diterapkan saat ini untuk menyusun K2020.
Tujuan
Tujuan lokakarya akademik adalah perbaikan pelaksanaan kuliah, praktikum, perbaikan RPSS, dan K2020 mata kuliah di Program Sarjana Agronomi dan Hortikultura.
Lingkup Program dan/atau Kegiatan
Untuk melakukan evaluasi pelaksanaan perkuliahan maka setiap penanggung jawab atau koordinator mata kuliah beserta tim pengajar diminta untuk mempersiapkan bahan evaluasi berupa jumlah kelas pararel, komposisi tim, pelaksanaan kuliah dan praktikum, kendala yang dihadapi. Selain itu menyusun rencana pembelajaran semester ganjil 2019/2020 disertai RPSS lengkap dan RAB praktikum.
Keluaran
- Solusi permasalahan pelaksanaan perkuliahan dan praktikum pada semester ganjil dan genap 2018/2019 yang akan menjadi pedoman pelaksanaan tahun ajaran berikutnya
- Rencana pelaksanaan kuliah dan praktikum semester ganjil 2019/2020