Departemen AGH-Faperta-IPB menyelenggarakan : Lokakarya Akdemik: PROGRAM STUDI MAGISTER-DOKTOR PEMULIAAN DAN BIOTEKNOLOGI TANAMAN – SPs IPB

agh9

Departemen AGH-Faperta-IPB menyelenggarakan : Lokakarya Akdemik: PROGRAM STUDI MAGISTER-DOKTOR PEMULIAAN DAN BIOTEKNOLOGI TANAMAN – SPs IPB

Selasa tanggal 23 Juli 2019 Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH), Fakultas Pertanian IPB melaksanakan Lokakarya Akademik Program Studi Magister-Doktor Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB yang bertempat di Ruang sidang 1 dan 2 Departemen AGH, Fakultas Pertanian IPB, Kampus Darmaga, Bogor

Latar Belakang

Program Studi Magister-Doktor Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (PS PBT) Departemen Agronomi dan Hortikultura Faperta IPB memandang perlu untuk menyelenggarakan Lokakarya Akademik untuk memperoleh masukan dari Dosen pengampu PS S2-S3 PBT sehingga diharapkan dapat dilakukan perbaikan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di PS S2-S3 PBT. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan penyelenggaraan lokakarya ini adalah:

  1. Penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pengajaran pada PS PBT SPs IPB telah berlangsung sejak tahun akademik 2007/2008 dengan penerapan Kurikulum Mayor Minor berbasis Kompetensi sesuai Kepmendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Kurikulum mayor-minor dievaluasi dan disesuaikan dengan Perpres nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang di SPs IPB diterapkan sejak tahun akademik 2015 sehingga disebut Kurikulum 2015 yang dicirikan oleh penyusunan capaian pembelajaran (Learning Outcome). Saat ini IPB sedang mempersiapkan penyelenggaraan pendidikan dengan Kurikulum K-2020 untuk menyesuaikan dengan perkembangan tuntutan masyarakat.
  2. Jumlah pelamar program S2 dan S3 yang semakin berkurang sehingga perlu dilakukan menggencaran promosi agar dapat menjaring calon mahasiswa lebih banyak dengan kualitas akademik yang baik. Upaya untuk promosi sudah dilakukan akan tetapi masih terbatas pada media sosial atau ‘getok tular’ melalui alumni atau penyebaran leaflet pada penyelenggaraan forum-forum ilmiah.
  3. Penyaringan kelanjutan studi dilakukan pada semester 1 agar mahasiswa yang kurang dapat menyesuaikan diri dengan proses studi di PBT dapat ditetapkan sehingga ybs dapat mengambil sikap mengundurkan diri atau pindah program studi bila IPKnya memungkinkan.
  4. Percepatan penetapan dosen pembimbing di semester 1 agar proses menuju pelaksanaan penelitian dapat dipercepat, dengan memperhatikan beban pembimbingan tiap dosen.
  5. Aturan akademik terkait publikasi yang tidak menghambat proses penyelesaian studi mahasiswa dengan tetap menjaga kualitas manuskrip sehingga dapat diterbitkan pada jurnal- jurnal terakreditasi dan atau bereputasi.
  6. Pelaksanaan program by research mahasiswa S2 dan S3 kerjasama dengan LIPI perlu dicermati terkait dengan pelaksanaan perkuliahan dan tugas akhir.

Tujuan

Lokakarya ini diselenggarakan untuk mendapatkan masukan reorientasi Learning Outcomes dan kurikulum PS PBT menuju K-2020 serta kesepakatan dalam melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran di PS PBT SPs IPB.

Lingkup Kegiatan

Lokakarya akan diselenggarakan dalam 2 sesi dengan topik bahasan sbb:

  • Reorientasi Learning Outcome dan kurikulum menuju K-2020 untuk PS Pemuliaan dan
    Bioteknologi Tanaman – SPs IPB
  • Penyelenggaraan sistem akademik PS PBT – SPs : (1) Penerimaan mahasiswa baru dan kemajuan studi mahasiswa, (2) Pelaksanaan perkuliahan; (3) Proses studi mahasiswa by research.

Keluaran yang Diharapkan

  1. Tersusunnya LO dan kurikulum PS PBT menuju K-2020 untuk program S2 dan S3
  2. Tindak lanjut promosi, ketentuan penyelenggaraan perkuliahan, praktikum, pembimbingan dan publikasi, serta perbaikan teknik pembelajaran PS PBT
  3. Tercapainya penyelesaian studi tepat waktu mahasiswa program by research


Google Photos