Departemen Agronomi dan Hortikultura Menyelenggarakan Kuliah Tamu dari Universitas Tokyo

DSC06603

Departemen Agronomi dan Hortikultura Menyelenggarakan Kuliah Tamu dari Universitas Tokyo

Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB University menyelenggarakan kuliah tamu dengan narasumber Assoc. Prof. Dr. Daisuke Tsugama dari The University of Tokyo, Jepang, pada hari Senin, 27 Mei 2024. Agenda kuliah tamu tersebut diselenggarakan secara hybrid, di mana sekitar 70 orang peserta hadir secara tatap muka dan lebih dari 100 peserta mengikuti agenda secara daring melalui platform Zoom. Kuliah tamu dengan tajuk “Next Generation Sequencing: Data Analysis and Interpretation” merupakan bagian dari mata kuliah Teknik Laboratorium dalam Bioteknologi Tanaman (PBT1636) yang dikoordinatori oleh Dr. Sintho Wahyuning Ardie.

Ketua Departemen AGH memberikan sertifikat dan kenang-kenangan kepada Assoc. Prof. Dr. Daisuke Tsugama setelah agenda kuliah tamu

Selain menjadi narasumber dalam kuliah tamu, Assoc. Prof. Dr. Daisuke Tsugama secara aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sebagai bagian Visting Professor Program IPB University pada 26 Mei sampai dengan 1 Juni 2024. Assoc. Prof. Dr. Tsugama dan Dr. Sintho merupakan komisi pembimbing (joint supervision) satu orang mahasiswa Magister program studi Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman, sehingga sidang komisi dan kolokium mahasiswa tersebut dilaksanakan dalam rangkaian visit ini. Assoc. Prof. Tsugama juga bersemangat untuk menjadi reviewer setelah diskusi Kerjasama dengan editor Indonesian Journal of Agronomy dan Journal of Tropical Crop Sciences.  Sejumlah peluang program doktoral (PhD) untuk dosen-dosen muda dan calon lulusan dari Departemen AGH juga didiskusikan dalam sejumlah kesempatan.  Assoc. Prof. Tsugama terkesan dengan pengelolaan kebun percobaan IPB University, salah satunya Kebun Percobaan Sukamantri, khususnya mengenai kolaborasi antara Kebun Percobaan dengan para petani.

Foto bersama dengan pengelola Jurnal Agronomi Indonesia dan Journal of Tropical Crop Science
Kunjungan ke Kebun Percobaan Sukamantri

Sebagai tindak lanjut jangka pendek dari kunjungan ini, Assoc. Prof. Tsugama mengundang empat delegasi dari Departemen Agronomi dan Hortikultura untuk berpartisipasi dalam SAKURA Exchange Program yang akan diselenggarakan oleh ARC-BRES, The University of Tokyo, pada bulan Oktober 2024. IPB University dan The University of Tokyo memiliki sejarah panjang kerja sama.  Implementation of Arrangement (IoA) yang ditandatangani oleh Assoc. Prof. Tsugama dan Dr. Sintho, serta disaksikan oleh Dekan Fakultas Pertanian IPB University pada hari Jumat (31 Mei 2024) diharapkan membuka lebih banyak kerja sama di antara kedua universitas.

Penandatanganan Implementation of Arrangement, disaksikan oleh Dekan Fakultas Pertanian