Lokakarya Menuju ISO 9001:2008

Lokakarya Menuju ISO 9001:2008

Dalam rangka pengajuan ISO 9001:2008 untuk sistem manajemen organisasi, Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH) mengadakan lokakarya Standar Operasional Prosedur (SOP) selama dua hari. Lokakarya dilaksanakan di Ruang Sidang Dept. AGH, pada tanggal 14-15 April 2010. Peserta lokakarya adalah seluruh staf pengajar Dept. AGH

Dengan semangat “tulis yang dikerjakan dan kerjakan yang ditulis”, staf pengajar AGH yang berwenang membuat draft SOP untuk berbagai kegiatan akademik. Draft SOP tesebut kemudian didiskusikan dengan konsultan ISO. Hasil perbaikan draft SOP tesebut kemudian disampaikan pada acara Lokakarya SOP Dept. AGH.  Lokakarya hari pertama berisi presentasi dan diskusi draft SOP untuk program sarjana, sedangkan pada hari kedua dibahas SOP program Pascasarjana. Terdapat 38 SOP yang dilokakaryakan.

Pada acara tersebut, peserta lokakarya secara aktif memberikan masukan demi perbaikan SOP, supaya dapat dijalankan dengan lancar dengan mekanisme Plan Do Check Action (PDCA) secara berkala.

Mengkutip kata-kata Prof. Dr. MA. Chosin sebelum menutup sesi diskusi yang beliau pimpin: Mari membuat SOP yang enak dan mudah dinikmati!!

Salut untuk Staf pengajar AGH.