PELATIHAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008

PELATIHAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008

Dalam rangka menuju sertifikasi ISO 9001, maka pada hari Sabtu, 6/3, Departemen Agronomi dan Hortikultura  mengadakan pelatihan Pengenalan, Pemahaman, dan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 untuk para PIC dan tenaga kependidikan AGH.  Pelatihan bertempat di Ruang Sidang I AGH.  Dr. Agus Purwito, selaku ketua departemen, membuka secara resmi acara tersebut dan mengajak seluruh peserta untuk berkomitmen dalam melakukan persiapan dan penyusunan dokumen untuk mendapatkan ISO 9001:2008 ini.  Bertindak sebagai mentor adalah Ir. Hasan Ashari  dari PT. Point Development International , sebuah Lembaga konsultan independent untuk membantu penyusunan dokumen ISO di Bogor.

Respon terhadap pelatihan ini sangat baik. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang hadir sebanyak 38 orang staf Depertemen AGH yang terdiri atas 18 orang tenaga pengajar serta 20 orang dari tenaga administrasi.  Pelatihan ini juga melibatkan partisipasi aktif dari peserta  dengan berdiskusi bersama mentor dan seluruh peserta yang hadir.

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 sendiri menurut bapak Hasan merupakan proses pengelolaan organisasi (perencanaan, penerapan, evaluasi, dan penyempurnaan) yang ditujukan untuk menghasilkan output/kinerja/layanan yang sesuai dengan harapan pelanggan/pengguna/masyarakat. “Terdapat kurang lebih 34 standar yang harus dipenuhi untuk dapat memenuhi sertifikasi system manajemen mutu ISO 9001:2008” Bapak Hasan menambahkan.

Dalam kata penutupnya, Dr. Agus Purwito kembali mengingatkan seluruh dosen dan tenaga kependidikan akan pentingnya komitmen dalam menyelesaikan seluruh tahapan persiapan untuk pendaftaran ISO 9001:2008. Kemudahan data dan sistem manajemen akan semakin baik dengan dokumentasi arsip yang mudah dirunut keberadaannya.