Pertanian Indonesia Masuk Peringkat 25 Besar Dunia

Pertanian Indonesia Masuk Peringkat 25 Besar Dunia

Satu berita menyejukkan tentang Indonesia telah disampaikan oleh lembaga riset dan analisis ekonomi internasional yang berpusat di Inggris, The Economist Intelligent Unit (EIU) dan Barilla Center for Food and Nutrition (BCFN) Foundation.

Lembaga penelitian tersebut memasukkan pertanian Indonesia dalam peringkat 25 besar dunia berdasarkan Indek Keberlanjutan Pangan atau Food Sustainability Index (FSI) pada bulan Desember tahun 2016. Informasi lengkap tentang hasil penelitiannya dapat diakaes di situs resminya http://foodsustainability.eiu.com/country-ranking/.

Berdasarkan hasil penelitian kedua lembaga, yang menyusun ranking berdasarkan 58 indiaktor dalam empat aspek penelutian, yaitu: secara keseluruhan (overall), pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture), kehilangan/susut pangan dan limbah (food loss and waste) serta aspek gizi (nutritional challenges), Indonesia termasuk ke dalam 25 besar. Secara keseluruhan, Indonesia berada di peringkat 21. Untuk sustainable agriculture, Indonesia bercokol di rangking 16. Dari aspek food loss and waste, Indonesia bertengger di peringkat 24. Sedangkan dari aspek nutritional challeges, Indonesia masuk peringkat 18.

Berdasarkan rangkingvyang ditampilkan, Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang disurvei dan hasilnya mengalahkan beberapa negara besar lain.

Semoga prestasi tingkat dunia yang didapatkan juga terpantul dalam bentuk meningkatnya rangking kesejahteraan para petani Indonesia. Aamiiin (Dikompilasi: SUA).